Tutorial Membuat Dinding Bertexture Bump dengan Blender
Untuk membuat dinding yang mempunyai texture bump pertama kita masukkan plane dengan cara shift+A > mesh > plane. Lalu putar searah sumbu z sebanyak 90 derajat dan rotate sumbu x sebanyak 45 derajat, dengan menyeleksi plane atau klik A lalu klik R+Z+90 dan R+X+45.
Lalu bagi 3 area jendela blender dengan mengubah tampilan dari default > compositing agar dapat dengan mudah melakukan editing.
Aktifkan objek dinding. Klik editor material kemudian pada surface pilih Diffuse BSDF. Lalu Atur Color menjadi Image Texture, pilih file image yang akan digunakan sebagai tekstur. Untuk penempatan mapping materialnya secara otomatis maka kita perlu atur vector lalu pada bagian texture coordinates pilih generated.
Untuk mendapakan hasil yang lebih baik dengan parameter yang lebih luas dan terstruktur pada salah satu jendela blender kita atur pada editor type menjadi Node Editor.
Agar Material tampak timbul atau lebih menonjol kasar maka pada node editor kita akan mengaitkan kait color pada color image ke kait displacement di node material output.
Setelah itu kita akan menambahkan efek pantulan cahaya agar material terlihat menonjol, untuk itu kita akan menambahkan shader glossy dengan cara tekan Shift + A lalu pada menu shader pilih Glossy BSDF.
Pada node editor kita akan menggabungkan 2 input yaitu gambar image texture dan glossy dengan menggunakan mix shader. Tekan Shift + A lalu pada menu shader pilih Mix Shader.
Pada tahap ini input Image texture dan input glossy tercampur sama besar dengan Facktor yaitu 0.5.
Lalu untuk mengurangi nilai atau kekuatan material kasarnya, tekan Shift + A pilih menu Vector lalu pilih Bump.
Lalu kaitkan node seperti dibawah ini dan perkecil nilai Strength menjadi 0.5.
Image tekstur yang digunakan :
Terakhir, tekan F12 untuk Render. Setelah Proses Render selesai maka penampilan akhirnya akan seperti ini.
Komentar
Posting Komentar