Perusahaan dapat Bertahan Lama? Apa Strateginya?
Membangun sebuah perusahaan bukan hal yang mudah. Mempertahankan agar perusahaan atau bisnis yang kita bangun dapat bertahan lama membutuhkan effort yang lebih dari seluruh elemen suatu perusahaan. Terlebih di era digital sekarang ini, perusahaan harus mengikuti teknologi informasi dan komunikasi. Perusahaan yang enggan berbenah mengikuti perkembangan zaman akan tertinggal dan tergilas oleh perusahaan lain. Apa strategi yang harus diterapkan agar perusahaan yang digeluti dapat bertahan lama?
1. Kenali keunggulan produk
Prinsip dalam berbisnis adalah menjual produk dan jasa. Karena itu, pebisnis disarankan dapat mengenali keunggulan produknya agar dapat bersaing dengan pebisnis lainnya yang juga memiliki tujuan sama, yaitu ingin usahanya tersebut bertahan lama.
Banyak pebisnis pemula yang terkadang tidak mengetahui apa sebenarnya keunggulan dari produk yang ditawarkan. Mereka berpikir cepat, sehingga tak jarang dari mereka yang justru menemukan kegagalan di awal membangun usahanya.
2. Bangun mindset tepat
Pengusaha yang berhasil membangun bisnisnya rata-rata memiliki mindset yang baik dan tepat. Artinya, mereka memiliki tujuan dan mengetahui dampak dari bisnis yang mereka geluti terhadap masyarakat secara sosial. bisnis yang memiliki misi luhur akan memiliki tingkat keberlanjutan panjang.
3. Bidik pasar yang tepat
Target pasar merupakan salah satu penentu berhasil atau tidaknya sebuah produk laku di pasaran. Kesalahan membidik target pasar bisa mengakibatkan waktu dan tenaga terbuang sia-sia.
Karena itu, kita harus mengetahui dengan benar target pasar untuk produk yang ditawarkan agar semakin mudah mengeksplor pasar
4. Manfaatkan sosial media
Di era digitalisasi, sosial media dapat dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis. Melalui sosial media, efektivitas pemasaran dapat diukur.
5. Bangun standard operational procedure (SOP)
Membangun standard operational procedure (SOP) mulai dari sisi produk, pemasaran, hingga keuangan.
6. Selalu mengikuti trend yang ada di masyarakat
Tidak ada yang bisa berkembang dan bertahan lama ketika menggunakan cara bisnis yang itu–itu saja. Tahun berganti begitu pula dengan trend yang ada di masyarakat. Kita harus mampu dan mau mengikuti trend dan belajar beradaptasi dengan perubahan yang ada. Tujuannya agar kita lebih memahami apa yang saat ini sedang dicari pelanggan.
7. Menciptakan inovasi produk sesuai dengan kebutuhan
Ketika kita sudah tahu trend yang ada di masyarakat, dan kita sudah mulai beradaptasi, maka akan keluar inovasi-inovasi baru untuk produk yang diciptakan. Tentu saja yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.
8. Mendengarkan apa keluhan dan kebutuhan pelanggan
Apapun yang diutarakan pelanggan, baik keluhan, kritik, saran atau pujian sebagai bahan evaluasi dan bahan untuk mengembangkan perusahaan.
9. Memberikan service yang optimal
Agar sebuah bisnis bisa bertahan lebih lama sudah seharusnya memberikan produk dan service optimal kepada pelanggan dan calon pelanggan. Service yang diberikan bisa berupa pelayanan 24 jam sehari atau asisten pribadi untuk pelanggan prioitas, jawaban dari pertanyaan yang cepat, service antar barang yang tepat waktu, hingga service perbaikan barang yang rusak. Semua harus disajikan secara optimal.
10. Memiliki support sistem yang selalu up to date
Memastikan support sistem yang mendukung bisnis Anda selalu up to date. Artinya harus mengikuti perkembangan teknologi baik untuk website, produksi barang, pengiriman, customer service dan lain sebagainya.
11. Terdapat orang-orang yang selalu ingin tumbuh dan berkembang
Jika kita sudah bicara bagaimana layanan dan produk yang harus selalu up to date dan sesuai kebutuhan pasar, maka itu tidak akan berguna ketika dari dalam perusahaan tidak memiliki keinginan untuk terus tumbuh dan berkembang. Pastikan seluruh karyawan atau anggota tim mau bersama-sama menumbuhkan dan mengembangkan bisnis.
12. Tetap berpegang teguh pada visi dan misi perusahaan
Sekali lagi setiap karyawan atau anggota tim harus mengetahui apa sebenarnya yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan. Jadi dengan setiap orang di dalam perusahaan tahu visi dan misi perusahaan yang akan membuat sebuah bisnis mampu bertahan lama di tengah persaingan.
Strategi khusus juga harus diterapkan perusahaan di era digital ini, yaitu membangun sistem online untuk menghubungkan perusahaan dengan pasar. Kedua, lakukan kolaborasi dengan bisnis-bisnis baru yang sudah berkembang atau mulai tumbuh di pasar. Carilah pola kerja sama yang dapat memangkas biaya. Kemudian, perusahaan harus mengevaluasi strategi bisnis. Artinya mengikuti perkembangan tren saat ini, baik itu target pertumbuhan dan rencana investasi yang tentunya melibatkan teknologi. Keputusan menggunakan teknologi proses bisnis harus diiringi dengan kemampuan karyawan untuk melek teknologi, seperti menggelar pelatihan, workshop, maupun banchmarking agar kompetensi karyawan meningkat dalam penggunaan teknologi.
Sumber :
http://mebiso.com/10-alasan-yang-membuat-bisnis-anda-tahan-lama/
http://bisnis.liputan6.com/read/3103505/perusahaan-harus-ubah-strategi-demi-bertahan-di-era-digital
https://ekbis.sindonews.com/read/1095414/39/tips-agar-bisnis-anda-bertahan-lama-1458790549/13
http://bisnis.liputan6.com/read/3103505/perusahaan-harus-ubah-strategi-demi-bertahan-di-era-digital
https://ekbis.sindonews.com/read/1095414/39/tips-agar-bisnis-anda-bertahan-lama-1458790549/13
Komentar
Posting Komentar