Implementasi Ray Tracing pada Film Animasi “The Adventures of Tintin : The Secret of the Unicorn”



Teknik pencahayaan pada grafika 3D merupakan sebuah objek yang penting, karena dengan cahaya ini sebuah objek dapat terlihat nyata dan dapat dilakukan proses rendering. Salah satu metode rendering yaitu ray tracing yang diyakini sebagai metode yang menghasilkan gambar paling fotorealistik. Ray tracing ini dikembangkan lebih lanjut untuk teknologi animasi film.

Metode ray tracing pada grafik komputer

Teknologi animasi pada film The Adventures of Tintin : The Secret of the Unicorn sangat berbeda dengan animasi lainnya. Penggunaan teknologi bayangan dan cahaya yang canggih membuat film Tintin ini tampil begitu nyata dan hidup. Teknologi apakah yang digunakan dalam film besutan Steven Spielberg ini? Teknologi yang dikembangkan oleh Weta Digital dan NVIDIA dengan menggunakan bantuan solusi ray tracing software, yaitu PantaRay membuat film Tintin terlihat begitu nyata.

PantaRay mempunyai peran penting untuk menciptakan nuansa pencahayaan yang sesuai warna pada film. Kualitas cahaya yang bagus akan sulit diberikan ke dalam film tanpa dukungan NVIDIA GPU. Pemanfaatan NVIDIA professional GPU diterapkan juga dalam rendering sehingga lebih cepat dalam penghitungan gambar berbasis pencahayaan. Teknologi yang digunakan di film Tintin ini dikembangkan untuk menghitung bayangan sinar ditelusuri dari sumber kecil maupun sumber cahaya utama, seperti jendela dan tempat lilin atau lampu gantung yang memancarkan bayangan lebih halus. Sinar bayangan yang ditelusuri memerlukan perhitungan 100 sampai 1000 kali lebih banyak daripada solusi berbasis bayangan tradisional. Penghitungan data bayangan membantu animator dalam proses desain bayangan.

Berikut adalah penerapan ray tracing dalam teknologi PantaRay yang digunakan di dalam film The Adventures of Tintin : The Secret of the Unicorn. 

Gambar 1


Pada gambar 1 ini proses rendering tanpa teknologi PantaRay. Cahaya yang dihasilkan masih kurang kuat untuk menggambarkan karakter pada film ini. Kemudian dengan menggunakan teknologi PantaRay dengan bantuan ray tracing, hasil rendering yang dihasilkan seperti di bawah ini :

Gambar 2

Sumber :
http://adrielhizkia.blog.widyatama.ac.id/2016/01/20/teknologi-film-animasi-yang-diterapkan-pada-film-the-adventures-of-tintin-2011/
http://www.jagatreview.com/2012/04/ada-teknologi-nvidia-dibalik-film-adventures-of-tintin/





Komentar

Postingan Populer