Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara pembuatan lampu tidur pada Blender 3D dengan memasukkan efek pencahayaan pada objeknya.
Setelah jadi objek yang ingin kita buat lalu tampilan blender kita buat menjadi compositing agar mudah untuk memberikan texture dan materialnya.
|
Pembuatan compositing pada objek
Untuk membuat efek lebih nyata kita akan menggunakan cycle blender pada objek ini. Karena default pada blender merupakan blender render maka kita akan mengubahnya di bagian ini
|
|
Cycle blender |
Kita akan masuk kebagian memberi texture. Pada jendela bagian kanan bawah kita tetapkan jendela tersebut untuk modelling, sedangkan jendela bagian kiri bawah merupakan tampilan untuk hasil rendernya.
Lalu pada menu world kita akan memilih environment apa yang akan kita pakai. Pada surface kita memilih backrground dengan color sky texture yang berarti environment yang kita pakai menggunakan tema langit.
|
Pemberian texture
Lalu untuk tangkai pada lampu,kami membagi tangkai menjadi 2 bagian warna. Pertama kita select tangkai lalu masuk ke dalam edit mode dengan menekan tab. Lalu select tangkai bagian bawah dan atas dengan ctrl + b sebagai gambar berikut.
| |
|
|
Masuk pada edit mode |
|
Menselect bagian atas dari lampu
Kita masuk ke dalam menu material untuk memberikan material pada tangkai bawah tersebut. Klik new lalu buat material baru dengan nama emas. Gunakan tipe surface Glossy BSDF untuk memberikan efek glossy pada tangkai bawah,dengan color kita gunakan warna emas dan pilih assign.
|
|
Menambahkan material baru pada objek
Kita masuk ke pemberian material pada tangkai tengah yang disini tangkai tengah berperan sebagai lampunya. |
|
Memberikan material
Sama seperti langkah diatas kita masuk pada menu material dan membuat material baru bernama lampu. Pilih surface berjenis emission dan color agak kekuningan. Atur strength menjadi 20.000 semakin besar angka pada strength maka cahaya lampu akan semakin kuat. Lalu klik assign.
|
|
Material dengan menambahkan surface
Selanjutnya memberikan material pada tutup lampunya. Sama seperti diatas kita harus masuk kedalam edit mode dengan menekan tab lalu select semua tutup lampu.
|
Masuk ke edit mode
Pada pengaturan material kita akan membuat material baru dengan nama luar. Kita menggunakan surface berjenis mix shader untuk memberikan dua jenis texture sekaligus pada tutup lampu. Kita menggunakan Glass BSDF dan Glossy BSDF maka akan memberikan efek keramik kasar.
|
|
Menambahkan efek shading dan glossy pada objek
Pada tampilan jendela kiri bagian bawah kita masuk ke dalam mode render maka hasilnya akan seperti ini.
|
|
Proses rendering |
Maka penampilan akhirnya akan seperti ini.
|
Komentar
Posting Komentar